Bantu Adaptasi Shin Tae-yong, PSSI Siapkan Guru Bahasa Indonesia

Jakarta- Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan pilihan mengontrak Shin Tae-yong untuk melatih Tim Nasional atau Timnas Indonesia telah dilaporkan kepada Preisden Joko Widodo ketika berkunjung ke Istana Negara pada 16 Desember 2019.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menjelaskan dalam pertemuan itu hadir pula Menteri BUMN Erick Thohir dan Menpora Zainudin Amali. “Kami melapor ke Pak Presiden senin pekan lalu berkaitan dengan kontrak yang bersangkutan (Shin Tae-yong),” kata dia dalam konfrensi pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu, 28 Desember 2019.


Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) memakaikan jaket Timnas Indonesia ke Pelatih Timnas Indonesia Senior yang baru Shin Tae-Yong (kanan) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu, 28 Desember 2019. Pelatih berusia 50 tahun ini mengatakan tawaran menangani Skuad Garuda berawal dari komunikasinya dengan Sekjen PSSI Ratu Tisha. ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Menurut dia, Presiden Jokowi telah menginstruksikan kepada dua kementerian yakni Kementerian BUMN dan Kemenpora untuk bisa mendukung persiapan pelaksaan Piala Dunia U-20 2021.

Baca Juga

PSSI, kata Iwan Bule, bertugas menyiapkan tim terbaik salah satunya dengan mengontrak Shin Tae-yong yang punya pengalaman melatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia. “Segala persiapan dan kebutuhan akan didukung oleh kementerian tersebut atas perintah Pak Presiden,” kata dia.

Iwan Bule menjelaskan bakal memberikan kemudahan bagi Shin Tae-yong untuk bisa mengakses dan berkomunikasi dengan seluruh pemain Indonesia di setiap tingkat usia. Sebagai contoh, kata dia untuk bisa beradaptasi dengan pemain maka pelatih berusia 50 tahun itu harus bisa berbahasa Indonesia.

“Saya akan kasih les guru yang paling bagus, kenapa karena dia harus cepat beradaptasi dengan indonesia sehingga nanti berbicara dengan publik, pemain, pelatih akan asisten pelatih bisa cepat,” ungkap dia.

Dukungan pemerintah terhadap pemilihan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Ia mengajak masyarakat Indonesia mendukung penuh pelatih tim nasional sepak bola Shin Tae-Yong.

“PSSI selaku federasi yang penanggung jawab sepak bola di Indonesia sudah memutuskan dan mengumumkan nama pelatih. Mari beri dukungan,” kata dia kepada wartawan di Surabaya, Sabtu malam.
Ia mengakui sebelum PSSI mengumumkannya secara resmi, masyarakat menginginkan mantan pelatih Timnas asal Spanyol, Luis Milla, kembali menduduki kursi pelatih.

Namun, kata dia, PSSI sudah mengambil keputusan sehingga sudah menjadi kewajiban masyarakat Indonesia untuk memberikan dukungan penuh kepada siapapun pelatih yang ditunjuk. “Sekali lagi, tolong beri dukungan dan semoga membawa harapan baru dan prestasi bagi timnas kita,” kata Zainudin.

Dia optimistis Shin Tae-Yong mampu membawa Tim Garuda menjadi lebih baik dari saat ini, terlebih berbekal pengalaman dan keberhasilan saat melatih Timnas Korea Selatan.”Salah satu pengalaman dan kualitasnya adalah saat Korsel menaklukkan Jerman pada fase grup Piala Dunia 2018,” kata dia.

IRSYAN HASYIM

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *