Bisnis Industri Pernikahan Diprediksi Tumbuh 30% di 2020


Bisnis industri pernikahan diprediksi tumbuh 30% di 2020. Foto/SINDOnews

Bisnis industri pernikahan di Indonesia diprediksi akan terus tumbuh sepanjang tahun ini. Ketua Umum Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan (Hastana), Gandi Priapratama, mengatakan pada 2020, bisnis industri pernikahan akan naik antara 20% hingga 30%.

“Kenaikan ini seiring dengan masih tingginya minat masyarakat untuk menggelar resepsi pernikahan di Indonesia,” ujar Gandi di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Gandi menerangkan saat ini untuk menggelar resepsi pernikahan setidaknya menghabiskan dana di atas ratusan juta rupiah per satu acara saja. Bahkan, bagi kelas atas bisa mencapai miliaran rupiah.

Baca Juga

“Sebagian besar atau sebanyak 70%-80% dari dana resepsi untuk makanan atau catering. Sisanya baru untuk perlengkapan resepsi pernikahan lainnya,” katanya.

Gandi menambahkan tidak hanya tinggginya minat masyarakat, tapi juga didukung dengan semakin banyaknya tempat atau lokasi baru untuk menggelar acara pernikahan. Pada 2019, menurut dia, nilai bisnis industri pernikahan mencapai Rp56 triliun.

“Angka tersebut masih merupakan angka perkiraan kasar, kemungkinan besar lebih tinggi lagi dari angka tersebut. Mengingat dalam industri pernikahan banyak yang terlibat. Mulai dari usaha kuliner, rias dan gaun pengantin, produksi dan dekorasi, video dan fotografi, merchandise dan masih banyak lagi,” ucapnya.

Demikianlah berita ini diperoleh dari Sindo News untuk dapat disampaikan ke pembaca.

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *