Bupati Loekman Lakukan Kunker di Way Pengubuan, ini Kegiatannya

PANTAUTERKINI.COM – Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Way Pengubuan, Jum’at (11/9/2020).

Kedatangan Bupati Lamteng beserta Jajarannya, yang didampingi Camat Way Pengubuan Dahrif Anshory, para Kepala Kampung, dan Ketua Relawan Loekman Djoyosoemarto Way Pengubuan Faisal Karnain, mewakili Ketua Hidayat, disambut antusias masyarakat.

Kunjungan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto diawali dengan kegiatan gotong royong pembuatan jalan rabat beton bersama warga Dusun IV Kampung Candi Rejo, Kecamatan Way Pengubuan.

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Bupati Loekman menyampaikan apresiasi atas semagat yang telah dilakukan masyarakat Way Pengubuan dalam kegiatan gotong royong tersebut

“Jika kita terus semangat dalam kegiatan gotong royong maka semua pekerjaan akan terasa ringan,” ujar bupati.

Loekman juga mengingatkan masyarakat untuk waspada dan tetap mengikuti protokol kesehatan dimanapun berada. Pola hidup bersih dan sehat wajib diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

“Saya berpesan kepada masyarakat untuk merawat jalan rabad beton yang telah dibangun. Ayo gotong royong bersihkan sampah disekitar jalan agar tidak menyumbat saluran pembuangan air. Sehingga tidak merusak jalan yang telah dibangun,” ajak bupati.

Bupati Loekman juga menyatakan bahwa siap berupaya semaksimal mungkin untuk menyatukan masyarakat Lampung Tengah lewat kegiatan gotong royong.

“Tanpa kenal lelah, saya akan selalu menyatukan masyarakat lewat gotong royong. Agar Kabupaten Lampung Tengah kedepan semakin maju, dan selalu hidup rukun dan damai,” ungkapnya.

Dalam kegiatan gotong royong tersebut, Bupati Lamteng menyumbang 100 sak semen untuk membantu pembuatan gorong – gorong.

“Kami ucapkan terimakasih atas kepedulian Bapak Bupati Loekman yang terjun langsung dalam kegiatan gotong royong disini,” ujar Camat Way Pengubuan Dahrif Anshory, mewakili masyarakat.

Usai bergotong royong di Kampung Candirejo, Bupati Lamteng melanjutkan kunjungannya ke Kampung Banjar Kertarahayu Kecamatan Way Pengubuan, yang mendapatkan bantuan bedah rumah.

Penyerahan kunci rumah secara simbolis diberikan langsung oleh Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto kepada perwakilan warga yang rumahnya sudah dibangun melalui program bedah rumah dari pemerintah daerah.

Kepada warga yang telah mendapatkan bantuan, Bupati Loekman berpesan agar rumah tersebut dirawat sehingga menjadi hunian yang sehat dan nyaman.

“Dirawat dan dijaga dengan baik rumah ini. Mari menjadi warga yang kompak dan saling membantu satu sama lain. Saya harap semua warga yang sudah hidup sejahtera dapat membantu warga lain yang kurang mampu, sehingga tercipta rasa persaudaraan antar sesama agar kita tidak mudah terpecah belah oleh isu – isu negatif,” pesan bupati.

Dedi Sanjaya, salah satu warga yang mendapat bantuan mengaku sangat terharu karena mendapat bantuan bedah rumah.

“Kami enggak pernah menyangka bisa mendapat bantuan rumah layak huni. Dan kami ucapkan terimakasih kepada Bupati Loekman Djoyosoemarto yang telah peduli dengan masyarakat tidak mampu disini. Semoga niat baik bapak mendapat balasan yang setimpal,” ujar Dedi.

Kemudian, kunjungan Bupati Lamteng dilanjutkan ke Balai Kampung Banjar Kertarahayu Kecamatan Way Pengubuan. Ditempat itu Bupati Loekman Djoyosoemarto menyerahkan surat izin usaha secara simbolis kepada masyarakat.

Loekman berharap, surat ijin yang dibagikan kepada pelaku usaha mikro dapat mengkatrol perekonomian Lampung Tengah yang sempat terpuruk akibat pengaruh pandemi Covid-19 yang menghantam seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dan semangat dari pengusaha mikro menjadi harapan baru bagi kehidupan masyarakat.

“Sebanyak 51 surat izin usaha kita bagikan kepada pengusaha mikro di Way Pengubuan secara gratis. Gunakan surat izin usaha ini dengan sebaik-baiknya, kita yakin bahwa perlahan ekonomi akan membaik, dan ini butuh usaha dari semua pihak,” ujar bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Loekman berpesan kepada aparat kampung untuk aktif mensosialisasikan protokol kesehatan, dan mengimbau masyarakat agar selalu hidup rukun antar sesama.

Selain surat izin usaha mikro, Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto juga menyerahkan perlengkapan seragam Perlindungan Masyarakat (Linmas) Way Pengubuan secara simbolis.

Diakhir kunjungannya, Bupati Lamteng
melakukan pertemuan dengan aparat kampung Se-Kecamatan Way Pengubuan dikediaman Kepala Kampung Lempuyang Bandar, Burdin.

Bupati Loekman mengatakan, selain menjalankan tugas melayani masyarakat, pamong atau aparat kampung juga wajib mensosialisasikan new normal life atau adaptasi kehidupan baru, dan ketaatan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 kepada masyarakat.

“Saya minta pamong kampung mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat, mulai dari penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan pola hidup bersih dan sehat,” seru bupati.

Aparat kampung juga, lanjut bupati, harus ikut mensosialisasikan kepada warga di lingkungannya masing – masing agar ikut ke TPS memberikan hak suaranya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang.

“Mudah – mudahan dengan upaya semua pihak Pilkada Lamteng bisa berjalan dengan sukses. Siapapun yang terpilih semoga bisa menjalankan amanah rakyat untuk memajukan daerah. Mari kita sukseskan kegiatan demokrasi, jangan gaduh, tetap damai dan jaga suasana kondusif ditengah masyarakat,” pesan Bupati Lamteng menutup kegiatannya. (red)

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *